klik here

BELAJAR DARI ALAM







Langit tidak hanya bisa menelan pesawat,laut tidak hanya bisa menenggelamkan kapal.Bumi tidak hanya bisa menyemburkan lumpur,dan gunung tidak hanya bisa memuntahkan lahar.Dalamnya laut berbicara kepada kita untuk melihat permasalahan secara mendalam.Permasalahan akan menjadi sederhana dan mudah untuk di selesaikan bila kita mengetahuinya secara mendalam.

Langit yang terbentang luas tak terbatas menyimpan peluang yang tak terbatas.Kita sering pesimis ketika gagal,padahal terdapat peluang keberhasilan yang tak terbatas di dunia ini,seperti tak terbatasnya luas langit yang terbentang.

"Apakah kamu yang lebih sulit penciptaannya ataukah langit?Allah telah membinanya,Dia meninggikan bangunannya lalu menyempurnakannya. dan Dia menjadikan malamnya gelap gulita, dan menjadikan siangnya terang benderang."(QS.An Naazi´aat[79]:27-29)

Lautan yang dalam dapat membangkitkan spirit jiwa yang membara.Dalamnya laut memberi pelajaran kepada kita untuk melihat permasalahan secara mendalam.Bertanyalah tentang apa,bagaimana,dimana,kapan,siapa,dan pertanyaan lain untuk menggali informasi sampai pada akarnya.Warna laut yang biru juga mengajarkan tentang ketenangan dalam menghadapi gelombang ombak(permasalahan)kehidupan yang indah.

"Dan tiada sama (antara) dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan pada masing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur."(QS.Faathir[35]:12)

Pegunungan yang tegar berdiri tegak meski badai,angin dan hujan menempanya.Pegunungan mengajarkan kepada kita tentang ketagaran dalam menghadapi setiap permasalahan hidup.Apapun yang menimpa kita,berupa kegagalan,bencana,dan musibah harus di hadapi dengan ketagaran dan pantang menyerah.Seperti tegarnya gunung yang berdiri kokoh.

"Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka dan telah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk."(QS.Al Anbiyaa'[21]:31).

Cermatilah setiap kejadian yang ada di sekitar kita,dan renungkanlah bahwa setiap yang tercipta di dunia ini tiada yang sia-sia.Menjadi tanda-tanda kuasaNya bagi kaum yang berfikir.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar